PROFIL

Program Studi Magister (S2) Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar diarahkan untuk menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Dasar yang diharapkan memiliki keahlian dalam mengembangkan pendidikan dasar ke-SD-an melalui profesi yang relevan dengan profil lulusan, yaitu Tenaga Pendidik Calon Guru Sekolah Dasar, Peneliti Pendidikan Dasar ke-SD-an dan Praktisi Pendidikan Dasar ke-SD-an.

VISI

Mewujudkan program studi magister pendidikan dasar yang menghasilkan lulusan berkarakter islami,  berwawasan global dan unggul dalam bidang pendidikan dasar ke-SD-an di Kawasan Timur Indonesia  pada tahun 2024 melalui penguatan catur dharma perguruan tinggi muhammadiyah.

MISI

Misi Prodi Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar adalah:  

 

  1. Mengintegrasikan pengembangan karakter islami dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi melalui penguatan program Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK).
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pendidikan dasar ke-SD-an yang inovatif, berwawasan global, akuntabel, berkualitas dan berkelanjutan yang berjalan harmonis dengan pengembangan IPTEK dan pembinaan iman dan taqwa.
  3. Menyelenggarakan dan mendesiminasi kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah yang inovatif dan berwawasan global dalam mendukung pengembangan pendidikan dasar ke-SD-an.
  4. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berdampak pada kemajuan bidang pendidikan dasar ke-SD-an.
  5. Memperluas kemitraan dengan berbagai lembaga pendidikan dan instansi terkait baik dalam maupun luar negeri.
  6. Mewujudkan tata pamong yang efektif, akuntabel, transparan dan kredibel yang dibingkai dalam nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan prodi dan pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi bidang pendidikan dasar ke-SD-an yang bermutu.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter islami dan berwawasan global yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran dalam bidang pendidikan dasar ke-SD-an serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkarakter islami dan berwawasan global dalam bidang pendidikan dasar ke-SD-an yang mampu mengembangkan dan menerapkan inovasi pendidikan dasar ke-SD-an.
  3. Menghasilkan berbagai karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar ke-SD-an yang bermanfaat, orisinal, inovatif dan teruji yang didesiminasikan dan dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional.

TENAGA PENGAJAR

 

  1. Prof. Dr. H. Irwan Akib, M. Pd.
  2. Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed.
  3. Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum.
  4. Sulfasyah,S.Pd., M.A.,Ph.D.
  5. Erwin Akib, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D.
  6. Dr. Munirah, M.Pd.
  7. Dr. Muhammad Basri, M.Si.
  8. Dr. H. Syarifuddin Kune, M.Si.
  9. Dr. Hj. Rosleny Babo, M.Si.
  10. Dr. Agustan S., M.Pd.
  11. Dr. Evi Ristiana, M.Pd.
  12. Dr. Tarman, M.Pd.
  13. Dr. Nawir, M.Pd.
  14. Dr. Idawati, S.Pd.,M.Pd.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

Aspek

Capaian Pembelajaran

Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. 
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menginternalisasi nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) dalam perilaku keseharian dan professional.

Pengetahuan

  1. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendesain atau menghasilkan karya seni pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai konsep desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam bentuk proposal tesis
  3. Mengevaluasi  hasil pengembangan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar  secara inter atau multidisipliner.
  4. Menentukan teori dan konsep bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar dalam penelitian dan menyusun tesis secara inter atau multidisipliner.
  5. Menerapkan kaidah penulisan ilmiah dalam menyusun  karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam jurnal nasional terakreditasi.
  6. Menerapkan kaidah penulisan ilmiah dalam menyusun karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam forum internasional.
  7. Menguasi konsep validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya
  8. Menguasai konsep pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar untuk mengembangkan  ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  9. Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  10. Menerapkan prinsip dan proses  pengambilan keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  11. Menerapkan prinsip-prinsip dalam mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas
  12. Menerapkan prinsip-prinsip dalam mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui, penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan sekolah dasar, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan international berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian pendidikan di sekolah dasar dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil  keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan di sekolah dasar;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian pendidikan ke-SD-an;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mengembangkan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar melalui pemikiran secaralogis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif.
  2. Mengembangkan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar  secara inter atau multidisipliner bentuk proposal tesis melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif
  3. Mempresentasikan hasil pengembangan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam kegiatan seminar secara logis, kritis, sistematis, inovatif dankreatif
  4. Melaksanakan penelitian dan menyusun tesis bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam bentuk ujian tesis dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
  5. Memublikasikan karaya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasarsecara inter atau multidisipliner dalam jurnal nasional terakreditasi dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
  6. Memublikasikan  karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam forum internasional dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
  7. Menyusun dan memvalidasi instrumen yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan permasalahan pendidikan di sekolah dasar secara inter atau multidisipliner melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian.
  8. Mampu menyelesaikan permasalahan di sekolah dasar secara inter atau multidisipliner melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dankreatif.
  9. Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar dalam bentuk karya ilmiah sesuai etika akademik.
  10. Mengomunikasikan ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar  kepada masyarakat dalam berbagai media sesuai etika akademik
  11. Mengidentifikasi  bidang keilmuan yang akan diteliti dalam tesis  dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin berdasarkan kajian jurnal ilmiah terindeks.
  12. Mampu memposisikan obyek penelitian tesis dalam suatu peta penelitian dengan pendekatan interdisiplin atau multidisiplin berdasarkan hasil identifikasi kajian jurnal ilmiah terindeks.
  13. Mampu mengambil keputusan  yang humanis dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan  kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan di sekolah dasar.
  14. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan  dalam bentuk laporan praktik pembelajaran melalui kolaborasi dengan kolega dan sejawat di dalam lembaga.
  15. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan  dalam bentuk laporan praktik pembelajaran melalui kolaborasi dengan  komunitas pendidikan sekolah dasar
  16. Mengidentifikasi kasus pendidikan di sekolah dasar, merancang pemecahan kasus, dan melaporkan secara mandiri berdasarkan  pengalaman lapangan.
  17. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil kajian dan penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

KURIKULUM

Kurikulum disusun berdasarkan STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SNPT), PERMENRISTEKDIKTI NOMOR 44 TAHUN 2015 dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 8. Beban studi sebanyak 40 SKS yang dapat ditempuh dalam waktu 4 (empat) semester hingga 8 (delapan) semester.

 

Sebaran mata kuliah dan Beban Sks:

No.

Kode MK

Matrikulasi

SKS

1

MKM001

Perkembangan Peserta Didik

0

2

MKM002

Pembelajaran Terpadu

0

3

MKM003

Pembelajaran Orang Dewasa

0

4

MKM004

Membaca Kritis

0

No.

Kode MK

Mata Kuliah Semester I

SKS

1

MKWU202

Filsafat Ilmu Pendidikan 

2

2

MKPU101

Al - Islam Kemuhammadiyahan

2

3

MKWU203

Metodologi  Penelitian  Pendidikan (Quantitative)

2

4

MKPSW301

 Isu-isu kontemporari  pada pendidikan dasar

2

5

MKPSW303

Teori Belajar dan Implikasi pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

3

6

MKPSW302

Kajian dan Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar Sekolah Dasar

3

 

Jumlah

14

No.

Kode MK

Mata Kuliah Semester 2

SKS

1

MKWU201

Bahasa Inggris

2

2

MKWU204

Metodologi  Penelitian  Pendidikan (Qualitative)

2

3

MKWU205

Penulisan Karya Ilmiah

2

4

MKPSW304

Kajian Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar

2

5

MKPSW305

Pengembangan Penilaian Pembelajaran Sekolah Dasar

2

6

MKPSP5409

Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar*

2

 

MKPSP3405

Numeracy di Sekolah Dasar*

 

 

MKPSP4407

Kajian IPA TERPADU Sekolah Dasar*

 

 

MKPSP2403

Pembaharuan Pendidikan IPS di Sekolah Dasar*

 

 

MKPSP1401

Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar*

 

7

MKPSP6411

Pemanfaatan Tekhnologi Komunikasi dan Informasi pada Pembelajaran di Sekolah Dasar**

2

 

MKPSP6412

Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif*

 

Jumlah

14

 

 

No.

Kode MK

Mata Kuliah Semester 3

SKS

1

MKPSW307

Seminar Proposal

2

2

MKPSP3406

Kajian  Penelitian Pembelajaran Matematika di SD*

2

 

MKPSP4408

Kajian Penelitian Pembelajaran Sains di SD*

 

 

MKPSP2404

Kajian Penelitian Pembelajaran IPS di SD*

 

 

MKPSP1402

Kajian Penelitian Pembelajaran PKn di SD*

 

 

MKPSP5410

Kajian Penelitian Pembelajaran Literasi di SD

 

3

MKPSW308

Pemantapan Keterampilan Mengajar (PKM)

2

Jumlah

6

No.

Kode MK

Mata Kuliah Semester 4

SKS

1

MKPSW309

Tesis**

6

Jumlah 1+2+3+4 =

40 SKS

PERSYARATAN MASUK

 

  1. Memiliki ijazah S1 di bidang pendidikan dari perguruan tinggi terakreditasi atau memiliki

ijazah non-pendidikan di bidang IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Seni, Matematika, dan Psikologi dari Perguruan Tinggi terakreditasi.

  1. Memiliki Indeks Prestasi minimal 2,75.
  2. Membayar biaya pendaftaran Rp.500.000 ke Bank Syariah Mandiri.
  3. Mengambil formulir pendaftaran calon mahasiswa di Sekretariat Program Pascasarjana Unismuh Makassar.
  4. Mengisi dan menyetor formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.
  5. Mengisi daftar Riwayat Hidup.
  6. Menyetor foto copy ijazah S-1 dan Transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  7. Menyetor foto copy KTP.
  8. Menyetor surat rekomendasi dari 2 orang akademisi atau atasan.
  9. Menyetor Pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar.
  10. Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa Pascasarjana Unismuh Makassar.

 

 

  

 

    BIAYA PERKULIAHAN

 

No

Item

Biaya Perkuliahan

1

Pendaftaran

    Rp.   500,000

2

Matrikulasi

     Rp. 1,000,000

3

BPP/Semester

     Rp. 6,600,000

4

PKM

     Rp. 1,000,000

5.

Tesis

Rp. 6, 000,000

6.

Wisuda

     Rp.    900,000

Kantor  Program Pascasarjana Unismuh Makassar

Jl. Sultan Alauddin 259, Makassar

https//pps.unismuh.ac.id

Email: magisterdikdas.unismuhmakassar@gmail.com

 

Kontak Person:

 

Ketua Prodi Magister Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Unismuh Makassar

Sulfasyah, S.Pd.,M.A., Ph.D

Email: sulfasyah@unismuh.ac.id

Telp. / WA : 0821 4632 2915

 

Aslam, S.Pd. (Staf TU Program Pascasarjana Unismuh Makassar)

Telp/WA: 0823 2666 6621